Sabtu, 23 Oktober 2010

pis 10-07_cpu-z

Selanjutnya sobat adalah tentang CPU-Z
Pengertian tentang Cpu-Z adalah freeware gratis untuk mendeteksi spesifikasi komputer. Bagi netter yang sudah sering memakai freeware, tentu software yang satu ini tidak asing lagi.
informasi yang di dapatkan dari CPU-Z adalah nama processor, VGA, memori, mainboard, BIOS, cache dan informasi sisetm operasi. Informasi yang dihasilkan cukup detil, seperti nama mainboard, model, revisi ke berapa, pabrik pembuatnya, tanggal pembuatnya.
Sobat di bawah ni gambar dari CPU-Z,


Beberapa yang terdapat pada CPU-Z dalah sebagai berikut:
 Bus Speed
Merupakan Kecepatan Bus. Jumlah alur yang mampu dilaksanakan oleh sebuah pemproses dalam masa second. Satuan waktu ini diukur dalam unit juta arahan second yang disebut juga sebagai megahertz (MHz) atau juta kitaran second dan kebanyakan komputer memiliki bus berkecepatan diantara 100 hingga 133MHz. Sebuah bus berupaya meningkatkan prestasi komputer tetapi ia biasanya terikat dengan kelajuan pemproses. Contohnya processor Celeron menggunakan bus 66MHz, Pentium !!! 100/133MHz.
 Cache
Pengertian dari cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara.yang di maksud dari penyimpanan data sementara adalah untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.


 Motherboard
Pengertian Dari motherboard adalah circuit board utama pada PC, motherboard biasanya menjaditempat prosesor, BIOS, memori, interface storage, serial dan parallel port, slot tambahan dan seluruh piranti yang berhubungan dengan device peripheral.
 Chipset
Pengertian dari chipset adalah berupa sekumpulan IC kecil atau chips yang dirancang untuk bekerjasama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. Pada sistem hardware komputer,
chipset ini bisa terdapat pada motherboard, card-card (kartu-kartu) ekspansi, misalnya pada kartu grafis (video card), atau pada peralatan komputer lainnya. Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi. Begitu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya. Masing-masing memiliki fungsi sendiriyang bersifat spesifik. Chipset sebenarnya tidak selalu terdiri dari sekumpulan IC atau sekumpulan chip, kadang-kadang dijumpai hanya terdiri dari sebuah chip saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar